Ali Mazi Resmikan Kantor Bupati dan Auditorium Konsel, Serta Sembilan Gedung Lainnya

66
Gubernur Sultra Ali Mazi, SH saat menandatangani prasasti persemian kantor Bupati Konsel yang baru dan Gedung Auditorium, serta sembilan gedung lainnya

SUARAWONUASULTRA.COM, ANDOOLO – Gubernur Provinsi Sultra Ali Mazi, meresmikan Kantor Bupati Konsel dan Auditorium, serta sembilan intrastruktur strategis lainnya di wilayah Konsel, usai Upacara Peringatan HUT Konsel XVI dan Hari Pendidikan Nasional 68, Jumat (3/5).

Sembilan infrastruktur strategis yang dimaksud, diantaranya Gedung TK Negeri PAUD Terpadu Kuncup Dharma Pertiwi, Pasar Ambaipua, Jalan Ruas Lalonggombu – Anggokoti, Gedung Perawatan dan Gedung Farmasi BLUD Rumah Sakit Konsel, GedungĀ  Gedung Perawatan Puskesmas Tinanggea, Gedung Perawatan dan UGD Puskesmas Tinanggea, Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Andoolo serta Pusat Kuliner Andoolo,

Peresmian tersebut, tandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita Gedung Auditorium Kantor Bupati Konsel oleh Gubernur Sultra Ali Mazi, bersama Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga, Wakil Bupati Dr. Arsalim Arifin, Sekda H. Sjarif Sajang dan Ketua DPRD Irham Kalenggo.

Dalam sambutannya, Gubernur Sultra, Ali Mazi menyampaikan rasa bangga dan apresiasi atas karya pembangunan infrastruktur pasangan Bupati dan Wabup Konsel Surunuddin – Arsalim, yang menurutnya kerja luar biasa yang dikerjakan hanya dalam tempo 3 Tahun memimpin, termasuk sukses dalam melaksanakan Pemilu serentak 2019 pada 17 April yang berlangsung aman dan damai.

“Kita bangga memiliki pemimpin smart dan visioner, seperti Bupati dan Wabup Konsel ini, yang hanya jangka beberapa Tahun saja bisa merealisasikan dan menghasilkan sebuah maha karya nyata demi pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan rakyat,” puji Ali Mazi.

Tentunya lanjut dia, pembangunan ini akan didukung penuh, karena sejalan juga dengan program kerja Pemprov melalui akselerasi Garbarata, yang menitiberatkan pada konektiftitas penyediaan infrastruktur dan peningkatan SDM, serta penurunan angka kemiskinan seluruh wilayah Sultra baik daratan maupun kepulauan.

“Tentunya untuk kelancaran dan suksesnya program tersebut, kita berharap dukungan para Kades dan OPD, Legislatif, Forkopimda, serta segenap elemen masyarakat Sultra demi terwujudnya Sultra Emas yang masyarakatnya Cerdas, Beriman dan Berbudaya, Sehat dan Produktif,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengatakan bahwa atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Konsel, mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kesediaan Gubernur untuk meresmikan pembangunan infrastruktur ini dalam rangka memperingati HUT Konsel ke-16 dan Hardiknas ke-68

“Dalam rangkaian tersebut, telah kita laksanakan kegiatan sejak tanggal 29 April 2019 dengan beberapa agenda diantaranya, pameran pembangunan sidang istimewa DPRD dilanjutkan dengan expose 3 Tahun berkarya yang kami capai mulai tahun 2016-2019, Istighosah bersama masyarakat, Upacara Bendera dan peresmian gedung yang kita lakukan hari ini,” tuturnya.

Yang mana, sambung Surunuddin, 10 pembangunan infrastruktur yang baru diresmikan merupakan kebutuhan masyarakat dan salah satu tujuan pencapaian target, sesuai visi Konsel yang tertuang dalam RPJMD Tahun 2016 – 2021, yang pembangunannya dilakukan secara bertahap dengan sindikasi pembiayaan bersumber dari DAU, APBN (Tugas Perbantuan Pemerintah Pusat) dan Pinjaman Daerah dengan total menyerap anggaran kurang lebih 120 Milyar selama 3 Tahun (2017, 2018 dan 2019).

“Disamping itu, kami menyelesaikan beberapa pembangunan yang akan rampung pada tahun 2019 diantaranya 3 buah jembatan dengan total anggaran kurang lebih Rp. 60 Milyar, pengaspalan jalan sepanjang 60 KM, pembangunan Gedung UGD RSUD Rp. 15 Milyar, serta Pembangunan Islamic Center Rp. 10 miliar, yang tentu dengan selesainya proyek tersebut Konsel siap melaksanakan perhelatan-perhelatan Tingkat Provinsi maupun MTQ tahun 2020,” ungkapnya.

Dari sisi aspek kewilayahan, karena masih banyaknya Desa yang masih tertinggal akibat infrastruktur yang terbatas khususnya di Kecamatan Laonti, Surunuddin berharap Pemprov dapat membantu pendanaan khususnya peningkatan jalan menuju Laonti dan kawasan Wisata Namu sepanjang 75 KM yang perintisannya telah dilaksanakan melalui APBD Kabupaten.

“Begitu pula halnya untuk penurunan angka kemiskinan dan rehabilitasi rumah tidak layak huni, yang mana Pemda Konsel telah merehabilitasi sebanyak 4.000 unit, namun masih banyak masyarakat yang membutuhkan penanganan segera dalam rangka menurunkan angka kemiskinan, yang perlu penanganan terpadu antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten,” harapnya.

Surunuddin berharap dukungan penuh Gubernur Sultra agar bisa merealisasikan permohonan Pemda, demi percepatan dan pemerataan pembangunan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat Sultra secara umum, Konsel pada khususnya hingga ke daerah terpencil.


Reporter : 54PU

Publisher : ASTA

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here