Dinas Pertanian Bombana Gelar Sosialisasi Peningkatan Produksi Padi Sawah

119
Para petani saat mengikuti kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bombana.

SUARAWONUASULTRA.COM, RUMBIA – Untuk mewujudkan nawacita Presiden RI menuju negara swasembada pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Bombana gandeng Badan Pengembangan Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mensosialisasikan gerakan peningkatan produksi padi sawah irigasi, bertempat di aula Kantor Bupati, Rabu (15/8).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati, Sekda, Kadis Pertanian dan Peternakan Provinsi Sultra, Kapolres, Perwira Penghubung, Esalon II lingkup SKPD Bombana, Babinsa, Kepala Pertanian Kecamatan (KPK), penyuluh pertanian dan petani.

Dalam prosesnya, tidak hanya fasilitas berupa sarana prasarana seperti alat pertanian, pupuk dan irigasi, namun kemampuan sumber daya petani, ikut pula berperan penting pada terwujudnya program tersebut.

Kadis Pertanian Andi Nur Alam menjelaskan, kegiatan ini dilakukan guna mendukung kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), serta memahami informasi padi super dalam upaya peningkatan pendapatan petani.

“Melalui kegiatan ini, petani diharapkan dapat melakukan perubahan dan sikap untuk mengadopsi jajar legowo (pola penanaman, red) padi super,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia dapat meningkatkan minat dan motivasi dalam berusaha padi sawah.

“Selama ini pola penanaman padi yang dilakukan, oleh petani kita di Bombana menggunakan metode lama yakni bertanam padi dengan jarak 4:2, sehingga produksi padi yang dihasilkan tidak terlalu signifikan kenaikannya, sekarang jajar legowo yang kita gunakan jaraknya 2:1 dengan harapan terjadi peningkatan produksi padi,” paparnya.

Pada kegiatan ini pula, diharapkan produksi petani kedepannya dapat meningkat, yang tadinya panen mencapai dua kali setahun, dengan adanya sosialisasi ini bertambah menjadi tiga atau empat kali setahun.

“Saya berharap sosialisasi ini dapat langsung dimanfaatkan oleh petani, agar apa yang menjadi program pemerintah terwujud dan petani sejahtera,” harapnya.


Reporter : Ode

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here