KPU Konsel Mulai Mensosialisasikan Tahapan Pilkada 2020

17
Ketua KPU Konsel Aliudin saat membuka kegiatan sosialisasi disalah satu hotel Konsel

SUARAWONUASULTRA.COM, ANDOOLO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konsel, mulai melaksanakan sosialisasi tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konsel Tahun 2020, dengan harapan semua tahapan Pilkada, tersosialisasi menyeluruh kepada masyarakat Konsel, senin (11/11).

Ketua KPU Konsel Aliudin, menyampaikan sebanyak 270 daerah yang akan melaksanakan pemilihan Tahun 2020, untuk Sultra sendiri ada tujuh Kabupaten salah satunya Kabupaten Konsel.

“Saat ini kita akan melaksanakan tahapan pemilihan berdasarkan UU No 10 Tahun 2016 Pasal 5 ayat 2 dan 3, yakni tahapan persiapan diantaranya perencanaan program dan anggaan, pembentukan PPK, PPS dan KPPS, serta pemutakhiran dan penysusunan daftar pemilih,” jelasnya.

Untuk tahapan penyelenggaraan lanjut dia, diantaranya pengumuman pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, pelaksaanaan kampanye, pemungutan suara serta pengusulan pengesahan pengangkatan calon terpilih.

“Untuk pembentukan dan masa kerja badan penyelenggara pemilihan ad hoc akan dimulai sejak 1 Januari 2020, untuk tahapan penyelenggaraan dimulai dari tahapan syarat dukungan Paslon Perseorangan sejak tanggal 26 Oktober 2019 dan 18 sampai 25 Mei 2020 proses penyampaian syarat dukungan Paslon Perseorangan kepada PPS,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan Aliudin, agar Pilkada langsung dan serentak Tahun 2020, berjalan sesuai aturan yang ada, perlu diperhatikan beberapa hal, yakni menjamin hak-hak konstitusi masyarakat terjaga dan terakomodir dalam penyelenggaraan Pilkada.

“Pilkada harus menjadi tanggung jawab bersama, terutama pemerintah dan Parpol untuk mensukseskannya, sebagaimana amanat UU no 10 Tahun 2016, bagi Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah, baik yang akan maju dalam Pilkada, maupun yang tidak ikut kontestasi dilarang melakukan penggantian pejabat, kecuali ada ijin dari menteri,” tukasnya.


Reporter : 54PU

Publisher : ASTA

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here