KWM Himpun Pengusaha Muda Konsel Bentuk Koperasi

28
Para pengusaha muda Konsel saat berfoto bersama dengan pihak Bank BNI, Dinas Koperasi dan UMKM, serta Idea Project
SUARAWONUASULTRA.COM, ANDOOLO – Komunitas Wirausaha Muda (KWM) Kabupaten Konsel, menggelar Talkshow Kewirausahaan, tujuannnya untuk menghimpun pengusaha-pengusaha muda yang ada di Konsel, saling mendukung dalam gerakan ekonomi, dengan membentuk satu wadah koperasi, Jumat (30/8).

Dikatakan salah satu pengusaha muda Konsel, sekaligus penggagas kegiatan tersebut, Sasliansyah, dengan terbentuknya wadah Koperasi, teman-teman pengusaha muda yang tersebar di 25 Kecamatan se Konsel, bisa lebih muda mendapatkan akses, belajar bisnis manajemen dan kegiatan lainnya.

“Sejauh ini kita belum punya wadah, maka dengan melalui kegiatan ini kita himpun kekuatan, untuk membentuk satu wadah yakni koperasi. Yang didalamnya terdiri dari pengusaha seluler, butik, bengkel dan lainnya,” jelasnya.

Lanjutnya, dengan wadah tersebut pihaknya bersama pengusaha lainnya akan memulai menyusun program kerja, mengadakan rapat anggota tahunan untuk menyelesaiakn administrasi Koperasi.

“Pada kegiatan hari ini kita juga menggandeng 3 lembaga yakni, Dinas Koperasi tujuannya mengharapkan target pembentukan Koperasi dengan di fasilitasi oleh teman-teman didalamnya, kedua Idea Project kita berharap mendapat inspirasi terkait kewirausahaan, terakhir Bank BNI kita berharap teman-teman pengusaha dapat informasi tentang permodalan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Nunti menjelaskan, jangan ada keraguan terkait Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM), asal jelas administrasinya.

“Orang yang ingin sukses harus kerja keras, sekarang pengusaha tidak susah masalah modal, karena kuhususnya Pemda Konsel sudah melakukan MoU dengan perbankan yang ada, diantaranya bank BNI, BRI dan BPD. Beberapa Bank tersebut siap mendukung bagi mereka yang ingin melakukan usaha,” ungkapnya.

Terkait KWM Konsel ingin membentuk wadah bagi pengusah muda Konsel, Dinas Koperasi dan UMKM sangat mengapresiasi untuk membentuk Koperasi, dengan catatan harus punya NIK dan sertifikat, pertanda Koperasi itu sehat.

“Membentuk Koperasi syaratnya minimal 25 anggota, memiliki jenis usaha, memiliki tempat. Dan yang perlu diingat tujuan Koperasi adalah mensejahterakan anggotanya. Kemudian dibentuk jangan mengharapkan bantuan Pemda karena sifatnya hanya stimulan saja, ingin modal lebih besar maka harus ke Bank,” tukasnya.


Reporter : 54PU

Publisher : ASTA

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here