Pemda Konsel dan Alfa Midi MoU, Kembangkan UKM

39
Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga didampingi Wabup Konsel Dr. Arsalim ariffin, Sekda Konsel Ir. Sjarif Sajang dan Ketua Kadin Konsel Adi Jaya Putra, saat menandatangani kerja sama dengan pihak PT. Midi Utama Indonesia disalah satu hotel Konsel

SUARAWONUASULTRA.COM, ANDOOLO – Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel, bersama PT. Midi Utama Indonesia.tbk, melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU), tentang kerja sama pengembangan Usaha Kecil dan Mikro (UKM), di wilayah Konsel, Senin (7/10).

MoU tersebut bertujuan untuk, pengembangan UKM, pemberdayaan masyarakat dan tenaga kerja lokal.

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, menjelaskan Kabupaten Konsel masyarakatnya mayoritas memproduksi, misalnya produsen membutuhkan jahe maka masyarakat produksi jahe. Begitu juga buah-buahan dan partanian lainnya.

“Dengan begitu tentunya kita butuhkan pasar, sehingga dengan hadirnya Alfa midi ini bisa menampung hasil pertanian masyarakat tersebut, memberikan lapangan pekerjaan bagi muda mudi Konsel, meski SDM masih kurang, namun jika dilatih Insyaallah bisa apalagi kita punya BLK,” jelasnya.

Lanjut 01 Konsel ini, jadi MoU tersebut khusus untuk pengembangan UKM, pasalnya Alfa midi menguasai ritel pasar. Sehingga pihaknya berharap produk petani di Konsel dapat disalurkan melalui Alfa midi.

“Dengan hadirnya Alfa midi ini tentunya kita juga melindungi pedagang-pedagang kecil, jadi tidak mematikan usaha mereka. Yang mana disetiap Kecamatan akan dilakukan sosialisasi bersama pedagang kecil, yang mana akan ada harga grosir yang diberikan pihak Alfa midi, sehingga tidak perlu lagi ke Kendari untuk belanja,” ungkapnya.

Sementara itu Manager Operation Regional Sulawasi PT. Midi Utama Indonesia.tbk, Didik Kurniawan menjelaskan untuk saat ini Alfa midi telah membuka dua tempat yakni Desa Langgea dan Kota Bangun Kecamatan Ranomeeto.

“Untuk target kedepan Alfa midi akan beroperasi disemua Kecamatan di Konsel, terkait kerja sama konkrit antara Pemda Konsel dan Alfa midi, saat ini pihaknya telah mempekerjakan putra putri Konsel sebanyak 23 orang, untuk yang direkrut sekarang sudah ada 75 orang. Jadi hampir 100 orang kariawan Konsel,” bebernya.

Untuk toko di Konsel sendiri sambung Didik, Alfa midi akan masuk dan membina pedagang-pedagang kecil, kemudian akan menyuplai mereka dengan harga khusus. Jadi tidak perlu lagi belanja keluar melainkan Alfa midi yang akan ke tempat para pedagang untuk menyuplai.


Reporter : 54PU

Publisher : ASTA

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here