Pemda Konsel Manfaatkan Biogas Menjadi Energi Listrik

85
Asisten II Armansyah saat membuka kegaiatan pelatihan pemanfaatan biogas menjadi energi listrik di Kecamatan Mowila.

SUARAWONUASULTRA.COM, ANDOOLO – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konsel, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar pelatihan pemanfaatan energi alternatif (Biogas) menjadi Energi listrik, yang dibuka Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. Armansyah, di Desa Monapa Kecamatan Mowila, Selasa (27/11).

Dalam sambutannya mewakili Bupati Konsel, Asisten II Armansyah mengatakan karena kebutuhan energi tidak sebanding dengan penyediaannya, sehingga perlu mencari sumber energi baru terbarukan sebagai pembangkit energi.

“Berkaitan hal tersebut, salah satu upaya terobosan yang dilakukan Pemda, yakni melaksanakan program pemanfaatan biogas skala rumah tangga, sebagai sumber energi yang ramah lingkungan di Desa ini, yang terkait juga dengan upaya pengembangan produk ekonomi lokal,” tuturnya.

Dipilihnya Desa monapa lanjut dia, sebab ketersediaan bahan limbah domestik ternak sapi yang mudah didapatkan, yang selama ini hanya untuk pembuatan pupuk organik, dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan lebih banyak diversifikasi pemanfaatan limbah ini di Konsel. Khususnya wilayah Desa Monapa ini, bekerjasama dengan UHO yang dirangkaikan pelatihan kepada para UMKM.

“Kegiatan ini juga sejalan dengan RPJMD 2016-2021 pada misi ketiga, yang diarahkan untuk meningkatkan pengembangan ekonomi lokal dan daerah yang berkelanjutan, yang diharapkan dapat berimplikasi pada meningkatnya perekonomian masyarakat. Yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan tetap menjaga kualitas lingkungan hidup,” ungkapnya.

Untuk itu dengan adanya pelatihan ini, tambah Armansyah pihaknya berharap agar masyarakat Konsel, khusunya masyarakat Kecamatan Mowila memiliki jiwa kewirausahaan agar memiliki minat memasuki dunia usaha, untuk meraih kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.


Reporter : 54PU

Publisher : ASTA

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here